Laman

Faktor Penyebab Payudara Bisa Bengkak


Faktor Penyebab Payudara Bisa Bengkak,- Pernahkah anda mengalami payudara bengkak ? Setiap wanita bisa mengalami payudara bengkak, atau nyeri di payudara. Lalu apa saja sih yang menyebabkan nyara nyeri di payudara ? Berikut ini ulasannya :

Penyebab Payudara Bengkak

Pubertas

Pubertas bisa menjadi penyebab masalah pada payudara. Banyak sekali remaja yang merasa sakit karena perubahan hormon di tubuh mereka.

Menstruasi

Kebanyakan wanita pun mengalami perubahan pada payudara saat siklus menstrusi. Payudara inipun menjadi lembut dan bengkak sebelum perioede mereka dimulai. Ini karena peningkatan hormon estrogen dan progesterol saat menstruasi.

Kehamilan

Saat kehamilan kita rentan mengalami payudara bengkak. Ini terjadi saat awal awal kehamilan. Kondisi ini harus dibicarakan dengan dokter.

Menyusui

Saat seorang wanita menyusui, mudah sekali terjadi pembengkakan akibat dari produksi susu dan sekresi. Kadang, saat bayi menghisap payudara bisa menyebabkan pembengkakan.

Menopause

Perubahan ini terjadi karena hormon dan dianggap bukan masalah serius kecuali jika disertai dengan rasa sakit yang berlebihan atau sekresi. Baca Juga :

Menyapih Anak

Saat menyapih anak pun payudara bisa terasa nyeri, karena payudara yang dilepaskan dan rasa tidak nyaman juga menyebabkan bengkak. Tapi jangan khawatir karena telah tersedia obat payudara bengkak saat menyapih yang bisa digunakan untuk mengatasi payudara bengkak.

Sekilas Tentang Infeksi Payudara

Sebuah infeksi payudara, juga dikenal sebagai mastitis, adalah infeksi yang terjadi di dalam jaringan payudara. Infeksi payudara yang paling umum di kalangan wanita yang sedang menyusui, ketika puting menjadi retak dan sakit, yang memungkinkan bakteri dari mulut bayi untuk memasuki payudara. Hal ini juga dikenal sebagai laktasi mastitis. Mastitis juga terjadi pada wanita yang tidak menyusui, tapi ini tidak seperti biasa.

Infeksi biasanya mempengaruhi jaringan lemak pada payudara, menyebabkan pembengkakan, benjolan, dan nyeri. Meskipun sebagian besar infeksi yang disebabkan oleh menyusui atau saluran susu tersumbat, persentase kecil dari infeksi payudara berhubungan dengan jenis langka kanker payudara. Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan Di Ketiak Saat Hamil


Apa Penyebab Infeksi Payudara?

Penyebab infeksi payudara besar adalah Staphylococcus aureus bakteri, yang menyebabkan apa yang dikenal sebagai infeksi Staph. Streptococcus agalactiae adalah penyebab paling umum kedua.

Untuk ibu menyusui, saluran susu terpasang dapat menyebabkan susu untuk cadangan dan infeksi untuk memulai. Menyusui dapat menyebabkan puting retak dan bukaan saluran susu. Jika ini terjadi, bakteri dari mulut bayi bisa masuk dan menyebabkan infeksi. Bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi biasanya ditemukan pada kulit, bahkan ketika tidak ada infeksi berlangsung. Jika bakteri masuk ke dalam jaringan payudara, mereka dapat berkembang biak sangat cepat dan menyebabkan gejala nyeri.

Anda dapat terus menyusui bahkan ketika Anda memiliki infeksi mastitis karena bakteri tidak berbahaya bagi bayi Anda. Kondisi ini biasanya terjadi dalam beberapa minggu pertama menyusui, tetapi bisa terjadi kemudian.

Related Post :



0 Response to "Faktor Penyebab Payudara Bisa Bengkak"

Posting Komentar